di bis P17

by - Wednesday, December 28, 2011


lagi nonton berita tentang kemajuan kasus pemerkosaan di angkot beberapa waktu lalu. bikin gue inget satu kejadian yg terjadi ke gue belom lama ini.

hari itu sabtu malem, ujan deras banget di Jakarta, gue habis maen sama temen-temen di daerah Kemang, karena suatu hal gue dan seorang temen mampir dulu ke Plasa Semanggi. sekitar jam 7an, gue pun balik, nunggu bis kota di halte Semanggi. ada kali 30 menit lebih nunggu bis ke Bekasi ga dateng2. well, bis kota arah Bekasi yg lewat Semanggi itu cuma AC05 dan AC 52. ada juga sih yg lainnya, bis non-AC tapi gue ga hapal trayek mana aja.

setelah hampir sejam, lewat lah bis P17 (bekasi timur - Dukuh Atas), jarang banget nemuin bis ini waktu weekend. bisnya ber-AC juga sih. karena takut kemaleman, gue pun naek bis ini. sebenernya gue ga masalah mau lewat tol barat atau timur, soalnya rumah gue bisa dijangkau dari tol manapun, maksudnya, keluar di tol barat atau timur ga masalah. yang penting ke Bekasi...

ga banyak penumpang emang, beda dari bis AC 05 (blok M- bekasi) yang weekend atau weekdays ga ada bedanya, pasti penuh terus. keluar tol timur, penumpang banyak yg turun, sebenernya dari sejak di Jatibening pun udah aga sepi. nah kalo keluar di timur, biasanya jarang ada bis yg nyampe terminal, sedangkan gue harus turun di terminal biar ga jauh-jauh amat.

singkat cerita, semua penumpang turun di Bulak Kapal, masih sekitaran 1 Km lagi ke arah terminal, tadinya gue mau ikut turun juga, tapi diluar hujan gede banget. dan gue pasti harus naek ojek karena dari situ ga ada angkutan umum ke arah daerah rumah gue. akhirnya gue nanya si kondektur, ini bis nyampe terminal ga, ternyata iya. tp lewat depan doank.
oh oke lah, gue ikut aja sampe depan terminal ya biar itu, ga jauh banget dan ada tempat neduh dulu. setelah semua penumpang turun, di bis itu beneran cuma ada gue, kondektur, dan si supir. udah. bertiga doank.
pas si kondektur nutup pintu bis, gue langsung deg-degan.
tiba-tiba gue inget lah, kasus-kasus pemerkosaan di angkutan umum. kalo dari tampang sih, mereka terlihat baik-baik, tapi kan, siapa juga yg tau orang jahat mah.

wah ga kebayang deh, gue tuh sebenernya panik bgt. dalam keadaan kaya gitu, mau positif thinking juga susah. si supir pun ngajak gue ngobrol, ya gue sih jawab-jawab aja, berusaha ramah, malah gue jadi cerita-cerita juga, termasuk tentang hari itu dimana ujan ga berhenti. pokonya jd ngobrol aja sih. paling ngga mencairkan suasana lah.
tp mengingat di bis itu cuma ada kita bertiga, pintu ditutup juga--karena diluar hujan dan bis ber-AC--gue pun sebisa mungkin waspada.

tangan kiri gue megang payung, seenggaknya ujungnya kan tumpul, tangan kanan gue megang handphone di tas, dengan posisi siap nelpon ke nomer bokap. sepanjang sisa perjalanan yg ga nyampe 2 KM itu entah kenapa terasa lamaaaa dan panjang. gue ga berhenti istighfar dan dzikir. karena emang panik banget, walo dr luar gue terlihat biasa aja.

dan, Alhamdullilah... sampe tempat tujuan gue baik-baik aja. walo sempet waspada juga. jd pas di depan terminal, gue takut aja si kondektur ga bukain pintunya, atau malah ga berhenti sama sekali. gue sebenernya udah bersiap mukul atau teriak kalo aja dia macem2...

intinya, tiap inget kejadian itu, gue suka merinding sendiri.
gini deh, kalo inget saat itu, gue tau apapun bisa terjadi ke gue. APAPUN.
kesempatannya ada, kalo ada niat jahat dari si kondektur atau supir, gue ga ngerti deh.
ngebayanginnya aja udah serem.
belom lagi berita-berita tentang pemerkosaan itu. Astagfirullah....

keluar bis gue ga bisa berhenti istigfar. masi serem ngebayangin apa yang mungkin terjadi ke gue. pffft...
kesimpulannya, hati-hati. banyak istigfar dan dzikir kalo lagi di jalan.
kejahatan emang ga bisa ditebak.
gitu aja deh.

(this post also published in my other blog)

You May Also Like

1 comments

  1. Setuju banget sama pesannya. :)
    Tetap waspada.. kejahatan bukan hanya karena ada kesempatan, tapi juga niat dari pelaku. hehehe. Follow balik yaa.. Terimakasih.

    ReplyDelete