selfie

by - Wednesday, April 09, 2014


taken from oxforddictionaries.com













selfie adalah sebuah fenomena. tiga atau empat tahun lalu, kata selfie sendiri belom eksis di dunia ini. menarik yaa, bahkan Oxford Dictionaries menyebut selfie adalah 'word of the year 2013' saking drastisnya peningkatan terhadap pengguanaan kata ini terutama di media sosial. ngaku deh, para pengguna ponsel pintar mana sih yang ngga pernah taking selfie. entah itu diunggah di akun sosial media atau hanya penghias folder khusus di galeri ponsel (emm...serius nih ada yang punya folder khusus poto muka sendiri di hape-nya gitu??)

dari gambar di atas, kalimat paling bawah itu menarik banget buat saya. hahaha.
'occasional selfies are acceptable, but posting a new picture of yourself every day isn't necessary'.
iya bener. it isn't necessary. karena sesungguhnya muka lo gak akan berubah drastis koq walau dipoto tiap hari. ini juga yang jadi euphoria di media sosial. jadi begini, pernah suatu kali saya random browsing di Instagram. ceritanya lagi cari sesuatu berdasarkan hashtag tertentu. sampailah saya mampir di akun seseorang (yang tentu saja tidak saya kenal, kan random aja tadi). yang membuat dahi saya mengernyit, tentu saja poto-poto di akun tersebut yang isinya MUKA DIA SEMUA AJAH LHO! sekali lagi MUKA DIA SEMUA! dari sekian ratus poto yang diunggah di akun Instagram itu, yaa poto dia doang! *tepok tangan*

mulai dari yang close-up, mid-shot, knee-shot, tampak depan, samping, angle 45 derajat dan pose lainnya yang ga jauh dari bagian muka. ada yang poto satu frame, empat frame sampe sembilan frame a la- a la photobox gituh. (iyaa, gue scrolling sampe ke bawah-bawah! hahaha.. semacam guilty pleasure gitu ngga sih). nah, yang cukup bikin saya makin geleng-geleng kepala, ada beberapa poto dengan caption suatu lokasi seperti 'Pantai xxx #pulaulalala #vacation' dan bla bla bla, lagi di kota mana di luar negeri, tapiii gambarnya muka dia ajah. mana poto pantai dan pemandangannya cobaak?

serius deh ada banyak hal diluar sana yang bisa jadi memori untuk diambil gambarnya. jangan hanya mengarahkan kamera ke arah diri sendiri aja. mungkin ini terdengar seperti celoteh orang sirik, saya emang merasa ngga pede untuk upload poto selfie ke media sosial. bisa mikir berkali-kali soal itu, karena saya ngga camera face apalagi photogenic. makanya saya kok kayanya ngga punya stok banyak buat ganti profile picture di akun media sosial.  jadi  kalo saya  mau unggah poto selfie, setidaknya udah termasuk kategori lumayan. beda lagi kalo yang unggah temen, walo disitu muka saya  rasanya ngga kobe alias kontrol beungeut (silakan cari artinya di kamus bahasa Ciamis) yaa bisa berbuat apaa kalo gitu.

tips dari saya, please, kalo mau unggah poto di media sosial, pastikan caption sesuai dengan gambar. jangan tulis caption tempat apaaa, kota apa, tapi gambarnya muka lo doang seluruh frame. ehtapi terserah yaaa. siapa lah saya coba nyuruh-nyuruh gini hahaha.
***
okay, that was just my two cents. sekarang, saya mau cerita yang lebih serius terkait selfie. beberapa waktu lalu, saya blogwalking dan menemukan sebuah tulisan menarik disini. cukup membuat saya tercengang dan bengong beberapa saat. jadi, saya baru tau sebuah plesetan : 'jilboob' iya plesetan dari kata 'jilbab' dan 'boob' atau payudara. kalo mau lebih jelas, go google it and be surprised. duh, nulis ini aja rasanya masih sesak. jadi saya nemu akun facebook dan ada web lain yang menampilkan poto-poto perempuan berkerudung namun terlihat jelas bagian payudaranya--karena pakaiannya yang ketat. rasanya seperti tertampar melihat poto perempuan-perempuan yang mungkin ngga tau kalo potonya ada disitu. menjadi pengingat juga kalo niat dan tujuan berkerudung saya memang untuk menjaga diri. kaitannya dengan selfie adalah, semua poto disitu hanya poto-poto diri dari orang-orang random yang mungkin cuma iseng aja unggah di media sosial. betapa mudahnya poto-poto itu di-klik kanan dan simpen lalu diunggah lagi di website 'ngga bener' oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. sigh.

put aside that 'jilboob' thingy. bukan ngga mungkin kan poto selfie kita di'colong' seenaknya sama oknum kurang ajar, dan ditaruh di website yang kurang ajar juga. belum lagi kalo ditulisin caption yang ngga pantes. duh. intinya sih, yaaaa hati-hati kalo mau unggah poto diri. in the internet era, every thing is almost too easy to be searching for. just be wise of what you upload to it. before I signing out, this one of my favorite selfie hahaha :))

if you want to take a selfie with a friend or two, make sure the friend has a proper space. don't be selfish, come on!
taken from here 

You May Also Like

0 comments