by - Wednesday, December 26, 2012

Lima hari lagi penghujung tahun 2012. sudah dapet apa di tahun ini? gue, dapet banyaaaak banget, mungkin ga bisa dijabarin semua. bukan cuma dalam konteks benda, tapi kalo ada yang bilang setiap tahun harus jadi lebih baik, bisa berarti gue sudah cukup mencapai level 'lebih baik' itu.
menurut gue pencapaian 'lebih baik' ga sama pada tiap individu. semua tergantung keadaan, dan tingkat ideal yang pasti berbeda. singkatnya, menurut gue, kita ga bisa memaksakan 'level ideal' kita sama persis plek plek kaya temen kita. ya begitu lah..

beruntungnya gue ga pernah punya resolusi ribet. gue cuma pasang target rasional yang gue tahu dalam waktu setahun atau kurang, gue pasti bisa memenuhinya. atau target menyelesaikan sesuatu yang udah dimulai. dan gue sangat amat bersyukur, 2012 ini bisa memenuhi hampir semua target dan 'mimpi' gue. contohnya, lulus kuliah. hahaha! seperti yg gue bilang, jangan pernah nyamain 'level' dengan orang lain karena udah pasti ga sama. kalo emang idealnya lulus kuliah 4 tahun, ternyata gue butuh 5,5 tahun! duh, koq lulus lama bangga? bangga! karena gue tahu perjuangan gue bagaimana. walau perjuangan tiap orang untuk lulus kuliah itu mungkn sama, tapi kan cobaannya beda-beda. dan, gue bangga bisa melewati itu semua. setidaknya gue tahu, gue ga patah semangat atau hilang kemauan untuk menyelesaikan kuliah--yang waktu itu rasanya udah 'hopeless' banget, gara-gara penelitian di lab yang tak kunjung usai.

trus, ada beberapa 'mimpi' juga yang, Alhamdulillah kesampean walau ga persis sama seperti yang gue impikan sebelumnya. misalnya, dari tahun 2011, pengen banget ke Karimun Jawa pas ulang tahun. udah hitung macem-macem estimasi biaya dll, tapi blom di rejeki gue di 2011. baru di 2012, sehari setelah ulang tahun gue, akhirnya bisa ketemu pantai juga. emang bukan KarJaw sih. tapi gantinya ke Bali karena tiket promo. dan di awal Desember, kesampean juga niat backpacking ke Singapore dan main ke Universal Studio (duh, itu post S'pore trip belom gue lanjutin gara2 ga mood :| ). jadi yaa gue sempet 'ngidam' pengen ke Disneyland, tapi yg paling deket dari Indonesia, kalo ga di Tokyo atau HK, nah, ongkosnya blom ada kalo kesana. paling realistis kalo mau ke world class themed park itu, ya ke USS ajah. alhamdulillah, menurut gue trip kemaren di-ridhoi sekali karena lancar hampir ga byk hambatan berarti.

di tahun ini, gue merasa 'lebih baik' karena merasa banyak bersyukur sama keadaan. berusaha ga lihat terlalu sering ke 'atas' atau ke 'bawah'. tengok sesekali ajah, karena gue mau fokus lihat ke depan. sekarang gue berusaha tetap realistis, optimis tapi ga mau terlalu larut sama optimistis itu, yang pasti tetap usaha.
jadi, ada apa di 2013? ga ada yang tahu. menurut gue, Tuhan itu merencanakan, kita yang menentukan (kecuali untuk hal-hal berhubungan dengan takdir, spt kematian). gue percaya sudah diberikan banyak rencana, tapi jalan lewat mana, gue belom tahu.

2013. gue masih pengan ke Disneyland! (Aamiin!). dan juga sudah punya rencana berbisnis dengan abang gue. semoga semua niatan baik ini masuk dalam rencana-Nya. karena udah mulai bingung nutupnya gimana, yasudah segini ajah. cheers!

You May Also Like

0 comments